Speaking atau berbicara dalam bahasa
Inggris merupakan salah satu pembelajaran bahasa Inggris yang sangat penting.
Speaking aau berbicara adalah menyatakan bahwa komunikatif adalah
pertukaran antara orang-orang, pengetahuan, informasi, ide, pendapat dan juga
perasaan. Speaking ini bisa diajarkan atau dipandu melaui guided conversation.
Guided conversation adalah salah satu dari bentuk strategi guru bahasa Inggris
di sekolah, universitas maupun tempat kursus untuk menuntun siswa memperlancar
keterampilan berbicara bahasa Inggris. Yang perlu diperhatikan dalam
keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui guided conversation adalah
sebagai berikut:
a. Individual responsibility.
Untuk memastikan bahwa masing-masing siswa
lebih kuat, siswa harus membuat pertanggungjawaban secara individu terhadap
tugas yang menjadi bagiannya dalam bekerja. Pertanggungjawaban individu akan
terlaksana jika perbuatan masing-masing individu dinilai dan hasilnya
diberitahukan pada individu dan kelompok.
b. Interpersonal and small group ability.
Keterampilan bekerjasama dalam
mempraktekan keterampilan berbicara bahasa Inggris adalah suatu hal yang harus
dimiliki oleh kita yang ingin belajar berbicara bahasa Inggris. Secara
bersama-sama mendengarkan dari masing-masing individu mengenai pronunciation,
structure, listening comprehension, vocabulary, dan fluency yang telah
dikuasainya.
c. Group management.
Dalam praktik keterampilan berbicara
bahasa Inggris, seorang yang ingin belajar berbicara bahasa Inggris harus
banyak belajar dari orang lain. Tujuannya adalah saling mengoreksi kesalahan
yang dibuat, saling memberi pengetahuan baru, mempertajam pengetahauan yang
sudah ada, berfikir ke depan bagaimana memberdayakan kemampuan yang telah
dimiliki dan memperbaiki keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan sebaik
mungkin.
d. Positive autonomous.
Kemandirian yang positif akan berhasil
dengan baik apabila setiap anggota kelompok merasa sejajar dengan anggota yang lain.
Artinya satu orang tidak akan berhasil kecuali anggota yang lain merasakan juga
keberhasilannya. Apapun usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota tidak
hanya untuk kepentingan diri sendiri melainkan untuk semua yang sedang belajar
berbicara bahasa Inggris
e. To increase interaction.
Pada saat guru menekankan kemandirian yang
positif, selayaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling
mengenal, tolong menolong, saling bantu, saling mendukung, memberi semangat dan
saling memberi pujian atas usahanya dalam belajar. Aktivitas kognitif dan
dinamika kelompok terjadi pada saat siswa diikutsertakan untuk belajar mengenal
satu sama lain. Termasuk dalam hal ini menjelaskan bagaimana memecahkan masalah
yang dihadapi terutama dalam pelaksanaan berbicara bahasa Inggris,
mendiskusikan konsep yang akan dikerjakan, menjelaskan pada teman sekelas dan
menghubungkan dengan pelajaran yang terakhir dipelajari.
0 Komentar